Yoast

Plugin Yoast Untuk SEO

Jika Anda pengguna WordPress, mungkin pernah mendengar tentang Plugin Yoast untuk SEO. Yoast merupakan sebuah plugin untuk membantu meningkatkan peringkat web di mesin pencari. Plugin ini bekerja lewat pengoptimalan konten dan kata kunci web. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan Yoast, beberapa di antaranya bersifat otomatis dan beberapa yang lain membutuhkan pengerjaan secara manual.

Baca Juga : Ruangan yang Lazim ada di Sebuah Rumah

Bagaimana Cara Kerja Plugin Yoast?

Setelah Yoast terinstal di web WordPress, plugin akan muncul di setiap posting dan halaman yang dibuat. Lalu secara otomatis akan menganalisis setiap konten dan memberi beberapa saran terkait cara mengoptimalkannya. Tidak hanya itu, plugin bahkan dapat memberi tahu masalah apa yang ada dan bagaimana cara meningkatkan konten untuk SEO.

Mengapa Sebaiknya Menggunakan Yoast?

Yoast

Sebagai pemilik web, Anda pasti ingin web terlihat oleh mesin pencari dan peringkatnya bagus. Plugin ini sangat membantu untuk itu. Yoast memiliki berbagai macam fitur yang bisa dimandaatkan pengguna untuk mengoptimalkan web mereka. Beberapa fitur tersebut antara lain berikut ini.

  • Mengoptimalkan konten web Anda
  • Memperbaiki struktur web Anda
  • Membuat sitemap XML
  • Dan banyak lagi.

Alasan lain memakai Plugin Yoast untuk SEO adalah dapat membantu untuk menyempurnakan konten web secara menyeluruh. Dengan menganalisis konten berdasarkan faktor-faktor tertentu, akan memastikan konten cukup optimal untuk mesin pencari sekaligus pengunjung. Hal tersebut akan membuat sebuah web menghasilkan trafik berkualitas yang lebih tinggi.

Manfaat untuk SEO

Baik itu Yoast versi gratis ataupun berbayar, keduanya telah memiliki cukup fitur untuk mengoptimalkan web daripada tidak menggunakannya sama sekali. Berikut adalah beberapa fitur dan manfaat yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga : Ide Kado Untuk Sahabat

Yoast

Readability

Mesin pencari Google bukan cuma memprioritaskan kata kunci. Namun juga fokus untuk memberikan hasil relevan dari istilah pencarian pengguna. Oleh karena itu, halaman web Anda harus mempunyai Readability atau keterbacaan yang baik. Plugin Yoast dapat membantu Anda dengan menunjukkan masalah, jika ada. Setelah itu memberi saran sekaligus cara untuk memperbaikinya.

Google Preview

Google Preview di Yoast dapat menampilkan pratinjau tampilan web pada hasil pencarian. Lalu Anda dapat melakukan Edit Snippet untuk menyesuaikan Title Tag dan Meta Description pada halaman tersebut. Fitur ini sangat membantu untuk meninjau dan mengontrol tampilan web di penelusuran Google.

The Focus Keyphrase

Anda dapat memasukkan frasa kata kunci yang difokuskan untuk halaman tertentu. Untuk mengoptimalkannya, gunakan kata kunci hasil riset. Namun jika Anda belum pernah melakukan riset, maka dapat mencoba menggunakan beberapa platform seperti Ubersuggest dan Google Trends. Setelah itu, memasukkannya ke form Focus Keypress tersebut. Ini jauh lebih bagus, karena jika tidak menggunakannya, kemungkinan besar kata kunci Anda tidak begitu spesifik.

Sitemap untuk Mesin Pencari

Disebut juga sebagai ping, Yoast mampu secara otomatis mengirimkan peta situs terbaru ke Google dan mesin pencari yang lain. Hal tersebut membantu mesin pencari mengetahui penambahan konten di suatu web dengan cepat. Selain itu, juga terus memperbarui konten yang telah diindeks lainnya jika ada perubahan.Seperti yang dibahas sebelumnya, Yoast tersedia versi gratis dan premium. Tentu saja, plugin premium menyertakan banyak fitur tambahan. Misalnya integrasi media sosial, dukungan berbagai bahasa, dan banyak lagi. Anda dapat memilih sendiri sesuai dengan kebutuhan. Namun yang pasti, jika Anda serius untuk mengoptimalkan peringkat web di mesin pencari, maka Plugin Yoast untuk SEO harus Anda pertimbangkan mulai sekarang.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *