Tips Cepat Dapat Kerja

Tips Dapat Kerja

Noor Ouraza Zate – Untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat sepertinya tidak mudah, apalagi perekrutan terkadang bisa memakan waktu sampai 1 bulan. Proses panjang tersebut dapat membuat beberapa pencari kerja kurang yakin untuk mencari lowongan baru. Karena itu, beberapa orang mungkin bertanya apakah ada yang dapat dilakukan untuk mempercepat. Pasti ada, berikut daftar Tips Cepat Dapat Kerja yang bisa Anda manfaatkan.

Tips Cepat Dapat Kerja

Selektif dalam Melamar

Semakin banyak lamaran semakin tinggi peluang untuk mendapatkan panggilan interview, bukan? Faktanya seringkali sebaliknya. Perlu diingat bahwa dalam mencari kerja kualitas lebih penting daripada kuantitas. Beberapa lamaran yang ditargetkan dengan baik lebih memungkinkan daripada selusin lamaran random. Sebelum melamar kerja, alangkah baiknya meluangkan waktu untuk meneliti setiap perusahaan.

Buat Resume yang Relevan

Sama seperti surat lamaran, setiap resume yang Anda kirimkan harus relevan dengan pekerjaan tertentu. Pastikan untuk menekankan keahlian dan pengalaman Anda untuk posisi tersebut, terutama yang tercantum dalam deskripsi lowongan kerja itu sendiri. Tanpa memperlihatkan kualifikasi, resume Anda mungkin dilewatkan oleh perekrut dan Anda didiskualifikasi sebelum mendapat kesempatan interview. Anda dapat meninggalkan keterampilan dan pengalaman yang tidak relevan dengan posisi yang dilamar. Dengan begitu, Anda punya ruang untuk memfokuskan apa yang bisa Anda lakukan.

Resume Bukan Hanya Riwayat Kerja

Banyak pencari kerja yang tidak mendapatkan pekerjaan berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Itu menimbulkan semacam celah di beberapa bagian resume bahwa pencari kerja tidak memiliki kegiatan. Untungnya, riwayat pekerjaan bukanlah satu-satunya untuk resume.

Anda dapat menambahkan riwayat pekerjaan sukarela, melanjutkan kursus, project freelance, dll yang Anda lakukan selama jeda. Setidaknya perekrut tahu apa yang Anda lakukan dan bagaimana Anda mengembangkan keterampilan saat sedang tidak bekerja untuk sebuah perusahaan.

Tips Dapat Kerja

Jangan Memalsukan Kualifikasi

Ketika interview, terkadang perekrut bisa tahu bagaimana ciri-ciri seseorang yang memalsukan kualifikasi. Saat mereka mencari tahu kesesuaian Anda, jangan hanya sekadar mencocokkannya. Bahkan meskipun berhasil, itu dapat mengakibatkan penempatan kerja yang tidak sesuai, kinerja yang kurang, dan akhirnya, Anda harus memulai mencari kerja lagi. Karena itu, terapkan Tips Cepat Dapat Kerja yang baik dan benar dari awal.

Jujur merupakan cara terbaik untuk menjelaskan kualifikasi Anda. Dengan cara itu Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Tidak ada gunanya mendapatkan pekerjaan dengan cepat jika akhirnya harus kembali ke titik awal dalam beberapa waktu yang singkat.

Memanfaatkan Relasi untuk Menemukan Peluang

Terkadang, peluang kerja muncul dari koneksi yang tidak terduga. Karena itu, alangkah baiknya terbuka untuk berkomunikasi dengan orang lain di bidang Anda. Entah itu di event, email, platform media sosial seperti LinkedIn, dll. Pastikan untuk terhubung dengan kolega, teman sekelas, dan orang lain di bidang Anda untuk mempertahankan sumber peluang kerja.

Tips Cepat Dapat Kerja

Perbarui Profil LinkedIn

Saat melamar kerja, terkadang pemberi kerja akan mencari nama Anda di Google dan LinkedIn. Karena itu, pastikan memperbarui profil LinkedIn dan menyertakan ringkasan yang dapat membantu perekrut mendapatkan informasi Anda. Jika perlu, gunakan LinkedIn untuk membangun jaringan dan dengan sengaja terhubung dengan orang yang dapat memberikan informasi tentang perusahaan yang Anda minati.

Buat Portofolio Online

Tips Cepat Dapat Kerja jika Anda bekerja di bidang kreatif, seperti menulis, animasi, desain, dll adalah dengan menampilkan portofolio. Platform seperti Squarespace, Wix, dan Weebly biasanya punya opsi murah dan bahkan gratis. Anda dapat menyertakan contoh hasil karya, resume atau CV, dan halaman yang menampilkan deskripsi profil serta kontak Anda. Bagikan portofolio Anda di media sosial, terutama LinkedIn, dan jika perlu beri tahu orang-orang bahwa Anda sedang mencari pekerjaan.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *